Nasi Liwet Pringsewu

Official Website Pringsewu Restoran Grup

Nasi Liwet Pringsewu

January 27, 2018 1.6. Menu 2.6. Pringsewu Solo 0

Nasi Liwet Pringsewu

Nasi liwet merupakan salah satu santapan yang wajib dicoba jika Anda ingin makan enak di seputaran Solo. Asal muasal nasi liwet sendiri bermula dari kebiasaan ritual Jawa yaitu selametan atau kenduri.

Liwet sendiri dalam bahasa Jawa berarti tanak atau menanak. Artinya, nasi gurih cukup dimasak satu kali proses tanpa dikukus. Menanak nasi atau ngliwet menggunakan ketel tembaga sehingga nasi dapat matang sempurna dan empuk. Nasi liwet terdiri dari nasi gurih, suwiran daging ayam, sayur labu, dan areh atau santan kental yang gurih. Nasi liwet Pringsewu nasi diolah dengan cara khusus dan disertai lauk yang utuh tidak suwiran, makin nikmat dan kenyang.

Di serat Centhini tertulis, pada tahun 1814–1823, nasi liwet dihadirkan di Pulau Jawa ketika diguncang gempa bumi. Nasi khas Solo ini juga dihadirkan dengan doa yang dilantunkan untuk keselamatan. Selain itu, nasi liwet juga sudah hadir ke dalam lingkup kerajaan. Konon, Paku Buwono IX (1861–1893) memborong nasi liwet untuk menjamu para penabuh gamelan keraton.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *