Pringsewu Resto

Official Website Pringsewu Restoran Grup

Bukit Mendelem Pemalang

May 9, 2017 5.0. Gowes 1

WISATA BUKIT MENDELEM DI PEMALANG

Pemalang bagian selatan memang kaya akan keindahan alamnya. Beberapa waktu lalu sudah menyajikan artikel mengenai Curug Cibedil, Telaga Silating, Curug Bengkawah dan Guung Gajah. Kali ini Masmin akan menceritakan obyek wisata di Pemalang Selatan lainnya yang tidak kalah dengan obyek-obyek wisata di tempat lain. Apa itu? Ini dia obyek wisata Pemalang, Bukit Mendelem.

Namanya unik yah, Bukit Mendelem. Berbeda dengan Gunung Gajah yang meskipun berupa bukit tetapi dinamai dengan gunung, Bukit Mendelem adalah benar-benar bukit di dataran tinggi di daerah Kecamatan Belik. Tepatnya di Desa Mendelem.

Bukit Mendelem ini memiliki ketinggian kurang lebih 1450 mdpal (meter diatas permukaan air laut). Bukit ini menyajikan pemandangan yang menawan dengan medan terjal dan batuan diorit yang menghiasi sebagian besar punggung bukit yang cocok untuk olah raga panjat tebing. Lokasinya yang menjulang juga cocok untuk kegiatan paralayang dan hiking. Buat kalian yang punya nyali boleh nih mencobanya untuk panjat tebing atau kegiatan lainnya tersebut. Di sini juga masih sangat asri.

Dibawah bukit terdapat sebuah panembahan, atau makam kuno yang konon katanya merupakan makam sepasang suami istri keturunan Raja Kebon Agung dari Pemalang. Biasanya banyak orang-orang yang bersemedi disitu.

Untuk mencapai ke lokasi ini, jika dari Kota Pemalang, kalian diharuskan menempuh jarak kurang lebih 47 km ke arah selatan. Usahakan menggunakan kendaraan pribadi khususnya motor untuk lebih memudahkan lagi karena lokasinya lumayan jauh dari jalan raya. Jika menempuh perjalanan dari selatan seperti dari Purwokerto ke arah Pekalongan-Pemalang melalui Karangreja, Purbalingga jarak yang harus ditempuh kurang lebih 60 km untuk sampai di daerah Belik. Setelah pasar Belik, kita harus berbelok kekanan dan melewati perkampungan penduduk. Ikuti saja jalan desa utamanya, maka akan sampai di bukit tersebut.

Jauhnya jarak dibutuhkan untuk mencapai bukit ini rasanya akan terbayar jika kalian sudah sampai di Bukit Mendelem ini. Foto-foto dengan background bukit yang menjulang ini bisa jadi oleh-oleh paling spesial untuk kalian. Beberapa orang menyebut bukit ini mirip dengan Nglanggeran di Yogjakarta.

sumber

 

One Response

  1. I was extremely pleased to discover this great site.
    I want to to thank you for ones time for this fantastic read!!
    I definitely enjoyed every little bit of it and i also have you
    book-marked to look at new stuff on your
    web site.
    wholesale NFL jerseys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *