Pringsewu Resto

Official Website Pringsewu Restoran Grup

Makan Lebih Nikmat Dengan Saus

October 3, 2014 1.3. News & Event 1.6. Menu 0

Nikmatnya Saos

Jangan takut pada saus. Berlawanan dengan keyakinan para koki Prancis bertopi tinggi, peracikan saus alias penguat rasa tidak perlu rumit atau memakan waktu lama. Saus juga tidak membutuhkan proses yang menguras tenaga atau banyak krim yang berkalori tinggi. Singkatnya, saus yang lezat bisa Anda buat dengan mudah. Kami meminta lima koki terkenal untuk berbagi rahasia saus praktis kesukaan mereka. Nah, ikuti saja langkah mereka.

Saus bumbu segar. Meskipun terlihat sederhana, bumbu segar dapat menjadi tulang punggung bagi saus.

  • Chimichurri: Cincang halus 2 buah bawang merah berukuran sedang dan1 siung bawang putih dalam mangkuk bersama 50 ml extra-virgin olive oil. Cincang halus masing-masing 200 g daun parsley dan mint. Tambahkan bumbu segar tersebut ke dalam campuran minyak zaitun, beserta 1 sdt cabe hijau yang telah dibuang bijinya dan dicincang. Aduk, tambahkan garam dan biarkan saus sebentar agar rasanya menyatu (± 2 jam). Sebelum disajikan, tambahkan 2 sdm perasan lemon segar.

Saus Tartar. Perlakukan bumbu siap pakai sebagai bahan saus.

  • Saus mustard-dill: Dalam mangkuk kecil: campurkan 90 g grainy mustard, 100 ml minyak grapeseed, 30 g mustard Dijon, 1 sdm cuka apel, 1 sdm gula, dan 30 g dill yang dicincang halus.

Saus mentega. Mentega cocok menjadi bahan dasar saus karena rasanya yang gurih dan kemampuannya untuk menyerap citarasa bahan-bahan lain. Namun, ada rahasianya: Apabila Anda memanaskan mentega hingga kecokelatan, hasilnya adalah rasa karamel panggang yang manis.

  • Saus Ikan Jeruk Nipis Mentega Cokelat: Taruh 110 g mentega tawar di wajan tumis berukuran sedang dan panaskan dengan api sedang. Aduk hingga mentega cair dan berubah kecokelatan (±5 menit). Di mangkuk ukuran sedang, campur mentega dengan 1 sdm jahe parut segar, 1½  sdm kecap ikan, 2 sdm perasan jeruk nipis, 2 sdm perasan orange, 1 sdm bawang merah yang diiris halus, 1 sdm mint cincang, dan 1 sdm daun ketumbar cincang. Hidangkan saus ini hangat-hangat.

Saus pedas. Saus sambal botolan seringkali terlalu banyak mengandung cuka.Itu sah-sah saja kalau Anda suka makan malam dengan acar. Tetapi, apabila Anda tidak ingin saus sambal Anda mengalahkan rasa hidangan, pilihlah bahan yang segar.

  • Saus Merah Tejano: Panggang 8 cabe merah sampai harum di atas wajan (3-5 menit). Biarkan dingin, lalu buang tangkai dan bijinya. Kupas, cuci, dan potong-empat setengah kilogram tomat. Dengan wajan besar di atas api sedang, tumis 8 siung bawang putih dengan 2 sdt minyak sayur sampai kecokelatan (selama ±2 menit). Tambahkan tomat, 500 ml air, dan 1¼ sdt garam. Besarkan api dan masak sampai tomat lembut atau sekitar 3-5 menit. Tambahkan cabe dan masak hingga lembut (±5-10 menit). Angkat dari api dan biarkan dingin. Haluskan saus dengan blender atau food processor, kemudian saring.

Saus yang kuat. Brand besar seperti Heinz meraup untung dengan mengembangkan saus kuat dengan citarasa yang pas untuk steak. Anda boleh saja menuangkan saus botolan ke atas T-bone steak, tapi rasanya akan seperti saus botolan. Jadi, raciklah saus Anda sendiri!

  • Saus Serbaguna: Dengan wajan sedang di atas api sedang, lelehkan 110 g mentega tawar. Kecilkan api dan tambahkan 100 ml saus Worchester, 75 ml perasan lemon, 4 siung bawang putih yang dimemarkan, 1 cabe kering, 2 sdt garam, 1 tangkai daun rosemary, dan 3 tangkai daun thyme.

 

Sumber : menshealth